Sabtu, 21 Oktober 2017

Susu Kecoa, Minuman Yang Bergizi dan Protein Tinggi


Berindo.NET - Siapa sih yang nggak kenal binatang yang satu ini? Selain menjijikkan tentunya bisa memberi serangan jantung mendadak bagi orang yang phobia pada hewan yang satu ini. Andaikan TS diberikan satu pilihan untuk memusnahkan salah satu spesies di muka bumi ini maka TS akan memilih kecoa.. Tanpa pikir panjang.

Tapi tahukah kalian ternyata ada jenis susu yang diambil dari kecoa? Susu kecoa adalah susu yang digadang-gadang akan menggantikan posisi susu sapi sebagai salah satu minuman bergizi tinggi bagi manusia di masa depan.

Susu kecoa ini masih dalam tahap penelitian lebih lanjut sebelum nantinya akan diproduksi secara masal. Beberapa peneliti di India telah berhasil menemukan minuman super ini dan bagi yang penasaran, dalam waktu dekat susu ini pasti sudah bisa kalian temukan di supermarket tentunya bukan di Indonesia.

Kecoa yang digunakan oleh para peneliti ini bukanlah kecoa biasa seperti yang banyak di toilet rumah. Kecoa ini berbeda karena berkembang biak dengan cara melahirkan dan menyusui anaknya.

Kecoa dengan jenis Diploptera Punctata ini ditemukan mengandung kristal protein susu di dalam tubuhnya yang sebenarnya berfungsi untuk menyusui anak-anaknya.

Susu yang dihasilkan oleh kecoa ini dalam takaran yang sama dengan susu sapi memiliki kandungan nutrisi 3 kali lebih kaya dari susu sapi.

Meskipun memiliki kandungan yang sangat baik namun tantangan baru datang kepada para peneliti ini. Mereka dihadapkan pada sulitnya memerah susu kecoa yang tak semudah memerah susu sapi di peternakan.

Para peneliti ini pun akhirnya melakukan satu metode dengan cara produksi in vitro dan dapat dihasilkan di laboratorium.

Dengan menyempurnakan cara ini maka bukan tak mungkin susu kecoa dapat diproduksi secara masal guna memenuhi kebutuhan nutrisi manusia di masa depan nanti.

Di dalam kristal susu ini kalian akan mendapatkan kandungan protein, lemak, gula dan juga asam amino esensial dalam jumlah yang tinggi.

Selain itu, susu ini juga berperan sebagai sumber kalori yang sangat baik. Susu ini sangat cocok bagi siapa saja yang ingin mendapatkan asupan nutrisi kalori harian secara mencukupi. Perlu diingat bahwa susu ini tidak cocok untuk anda yang ingin menurunkan berat badan, ya.

Kristal susu kecoa ini sebenarnya adalah makanan bagi embrio kecoa yang masih ada di dalam kandungan. Makanan yang bergizi lengkap ini berada pada kantung induk si kecoa dan embrio yang ada di dalam perutnya akan meneguk cairan susu ini.

Cairan protein yang mereka teguk ini kemudian berubah menjadi semacam kristal padat di dalam perut si embrio. Di dalam kantung induk ini, embrio kecoa hanya mengandalkan asupan makanan dari nutrisi susu kecoa induknya.

Dan satu hal yang tak disangka, embrio kecoa ini tumbuh cepat karena mendapatkan asupan nutrisi yang sangat baik dari susu induknya.

Saat ini para peneliti masih disibukkan dengan cara membuat ekstrak susu kecoa ini di laboratorium. Setelah cara yang tepat dan aman ditemukan maka jangan kaget jika susu kecoa akan diproduksi secara masal.

Mungkin bagi beberapa orang meskipun susu ini bernutrisi tinggi namun karena dihasilkan dari hewan sejenis kecoa mereka jadi enggan mengkonsumsinya.

Ditambah lagi nama “kecoa” sepertinya tak pantas dijadikan merk dagang, justru akan membuat para calon pembeli kabur karena jijik.

Dan satu lagi, para peneliti masih harus dihadapkan pada serangkaian uji coba untuk mengetahui apakah ada efek samping dari susu kecoa ini bagi manusia jika dikonsumsi dalam jangka panjang. (Sumber)
Load disqus comments

0 komentar